Analisis ADDIE Pemanfaatan Aplikasi Android
Sebagai Media Pembelajaran Matematika untuk Anak Sekolah Dasar Kelas II
A.
ANALISIS
1.
Analisis Kinerja
Analisis kinerja dilakukan
untuk mengetahui dan mengklarifikasi apakah masalah kinerja yang dihadapi
memerlukan solusi berupa penyelenggaraan program pembelajaran atau perbaikan
manajemen.
Mengenai anak-anak yang duduk
di bangku Sekolah Dasar (SD), masih kurang minat belajarnya untuk mata
pelajaran Matematika yang menyebabkan rendahnya anak mendapat nilai bagus di
sekolah, salah satunya Mapel Matematika. Untuk itu, hal ini diperlukan solusi
berupa cara belajar yang mengasyikan tentunya untuk anak, agar anak mau belajar
Matematika.
2.
Analisis Kebutuhan
Di zaman yang sudah modern
ini, menjadi suatu zaman dimana manusia benar-benar dimanjakan dengan yang
namanya teknologi yang canggih. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa sekarang
anak-anak pun sudah memegang HP. Dan itu pun bukan sembarang Hp biasa,
melainkan smartphone yang di dalamnya terdapat fitur-fitur yang begitu mendukung.
Untuk itu, di sini anak-anak yang minatnya kurang akan belajar Matematika,
perlu diperkenalkannya mengenai aplikasi yang bisa membuat belajar
menyenangkan. Agar ada ketertarikan anak untuk belajar Matematika. Serta mereka
tidak akan merasakan belajar yang membosankan namun anak akan merasa belajar
sambil bermain. Dan mereka akan menikmati cara belajarnya.
B.
DESAIN
Berbicara mengenai desain,
tentu saja aplikasi yang satu ini sudah di desain cukup menarik. Karena, di
dalamnya sudah dilengkapi dengan berbagai pilihan agar anak bisa belajar dengan
mudah dan cepat. Dengan aplikasi ini diharapkan anak benar-benar bisa setelah
mereka belajar melalui aplikasi tersebut. Mengingat bahwa di dalam aplikasi
tersebut, anak akan diajak untuk berhitung, membandingkan, penjumlahan,
pengurangan, perkalian, pembagian dan pecahan. Sudah lumayan lengkap untuk
belajar matematika bagi anak SD. Aplikasi yang begitu cocok untuk anak-anak
karena desain warnanya yang cerah, serta ada animasi gambar bergerak dan efek
suara yang jelas. Mengingat zaman yang sudah modern ini terutama dalam hal
teknologi, sekarang anak akan mudah mengerti dan tau bagaimana cara menggunakan
aplikasi tersebut. Karena aplikasi tersebut begitu sederhana dan tidak ribet.
C.
PENGEMBANGAN
Jadi, di sini saya merekomendasikan
untuk mengunduh aplikasi Game Edukasi yakni ChildMath. Dimana aplikasi tersebut
cukup menarik dan unik serta cocok sekali untuk diperkenalkan kepada anak yang
duduk di bangku SD.
D.
IMPLEMENTASI
Mengenai implementasi di sini, saya memperkenalkan
kepada wali murid (diadakan sebuah acara dimana semua orang tua siswa di
harapkan hadir untuk menghadiri acara tersebut). Aplikasi game edukasi ini
untuk menunjang pembelajaran anak di rumah agar lebih terasa mengasyikan.
Aplikasi tersebut bisa diunduh melalui play store yang tersedia di smartphone.
Dengan mengetik nama aplikasinya yang bernama ChildMath. Lalu setelah selsai
diunduh bisa langsung di buka dan di tunjukan kepada anak dan biarkanlah anak
untuk mencoba menjalankan game edukasi tersebut. Mulai dari situlah, akan
adanya ketertarikan anak untuk belajar Matematika. Dengan begitu juga akan
menambahkan minat anak untuk belajar.
E.
EVALUASI
1. Penilaian Pemahaman Anak
1. Penilaian Pemahaman Anak
Siswa dapat mudah memahami mata pelajaran matematika setelah belajar
dengan menggunakan aplikasi game edukasi tersebut. Hal tersebut bisa dibuktikan
ketika siswa mengerjakan soal-soal latihan yang disajikan, dengan hasil nilai
yang rata-rata bagus.
2. Evaluasi Produk
Pada game edukasi ini memberikan berbagai contoh soal-soal latihan dengan
berbagai pilihan, mulai dari berhitung, membandingkan, penjumlahan dll sampai
pecahan membuat anak menjadi lebih paham. Dengan
animasi yang bergerak di dalamnya membuat anak akan tertarik dan semangat
mempelajari mata pelajaran matematika. Namun pada aplikasi ini, anak akan
dihadapkan dengan soal yang pada intinya sama meskipun berkali kali membuka aplikasi
gamenya soal yang muncul akan tetap sama. Meskipun begitu ini adalah aplikasi
yang begitu ringan karena bisa dijalankan dengan kondisi offline serta membantu
anak-anak belajar matematika super cepat dengan grafis visual.
Sumber:
Rizal, C. 2013. Model
Pembelajaran Addie. Retrived by: http://cenasrizal.blogspot.co.id/…/model-pembelajaran-addie…diakses tanggal 28
Desember 2016
0 Komentar untuk "ARTIKEL"